photo IKLAN_zps0bd7cdbd.png

Rabu, 05 Februari 2014

Kelebihan dan Kelemahan TIK dalam Agribisnis

  Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

§  Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
§  Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data/informasi dari perangkat yang satu ke lainnya atau dari pengirim ke penerima pesan.
Dari dua pendefinisian sederhana di atas tampak bahwa teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pengembangan agribisnis di Indonesia tampaknya memang belum optimal. Namun secara bertahap pemanfaatan TIK ini akan semakin banyak dimanfaatkan dalam pengembangan agribisnis pada masa-masa mendatang. Kini TIK juga dicoba untuk mendorong agar pertanian Indonesia mampu bersaing. Hal ini dapat dimengerti karena peran TIK sering menonjol, apakah itu di kegiatan teknologi produksi maupun di kegiatan teknologi informasi. Dengan demikian, lambat atau cepat, maka pelaku agribisnis di Indonesia harus bisa menguasai teknologi tersebut. Perlu upaya untuk mempercepat dan meningkatkan peran sektor pertanian melalui pendekatan baru, yaitu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di berbagai kegiatan pertanian, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembangunan pertanian.

Kelebihan dan Kelemahan TIK dalam Agribisnis
Kelebihan:
·       Pengembangan kelembagaan penyuluhan
·       Pengembangan kelembagaan petani
·       Penguatan ketenagaan penyuluhan
·       Perbaikan sistem dan metode penyuluhan
·       Perbaikan penyelenggaraan penyuluhan
·       Penguatan dukungan teknologi pada usaha tani/agribisnis di tingkat petani
·       Perbaikan pelayanan teknologi dan informasi pertanian
Kelemahan:
·       Belum semua petani mau dan mampu menerima adanya teknologi
·       Terjadi kesalahan dalam penyampaian informasi
·       Informasi yang diterima tidak seluruhnya dapat dimengerti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar